A TRIP TO SINGAPORE-MELAKA-KL PART 2 - ART SCIENCE MUSEUM

23.09

riu trip part 2

Sebelum memulai trip di hari kedua, kita sudah beres-beres koper dan check out. Sambil berjalan mencari kantor pemilik apartment untuk titip koper, kita nikmati kawasan penduduk Singapore. Kebetulan daerah apartment kita ini terletak di kawasan Tiong Bahru. Salah satu kelebihan menginap lewat airbnb (baca review apartment nya disini dan ini), kita bisa merasakan bagaimana kehidupan sehari-hari penduduk lokal. Oh begini ya rasanya tinggal di lingkungan penduduk Singapore, malam hari sepi, siang hari juga sepi. Mobil mewah berjejer parkir di pinggir jalan tanpa khawatir ada maling. Kalo laper pas lagi hujan, gak ada gitu gerobak baso lewat hehe. Harus diakui bahwa kerapihan dan kebersihan lingkungannya patut diacungi jempol.

Tujuan hari kedua di Singapore yaitu Art Science Museum yang terletak di area Marina Bay Sands. Sebelum memasuki Museum tersebut, ada taman teratai yang cantik untuk foto ala-ala, lumayan kan buat stok foto instagram hehe.
lotus fond at artscience museum singapore
kolam teratai sebelum masuk ke area museum

Berdasarkan hasil googling, tiket masuk ke Art Scinece Museum-Future World adalah 17 SGD (sekitar idr 160k). Saat akan memesan tiket, mas-mas pelayannya yang ramah dan baik hati bilang jika kita membuat Sands Rewards Card, kita akan mendapat diskon.

Caranya sangat mudah, kita keluar dulu dari area museum dan mencari loket customer service di dalam mall (turun satu atau dua lantai), cukup dengan mengisi formulir dan menunjukkan passport, kita sudah mendapatkan kartu Reward ini, dan yang paling penting bikinnya gratis. Dengan menggunakan kartu ini, tiket masuk di diskon menjadi sekitar 29 SGD untuk 3 orang.  Kalau dihiutng-hitung, dari 17 SGD menjadi sekitar 10 SGD (idr 98k) iiihhhh lumayan bangeeeet kan!!!!!

Selain itu, kita juga mendapatkan banyak keuntungan lainnya, seperti diskon 20% untuk tiket masuk Garden by The Bays, buy 1 get 1 tiket masuk ke Art Science Museum jika suatu saat kita berlibur lagi ke Singapore, dan masih banyak lagi.

how to get discount at artscience museum singapore
harga tiket artscience museum singapore
baca juga infromasi lebih lanjut tentang art science museum disini

Pertama kali masuk ke area future world, kita akan melihat indahnya ombak biru menari-nari di dinding dan ditengah ruangan tersedia bean bag untuk leyeh-leyeh sambil menikmati alunan musik. Boro-boro mau relaxing, yang ada kita sibuk pose buat foto foto hehe.

pengalaman ke artscience museum
let's gooo
mbak sulis
mbak sendal jenner
pengalaman ke artscience museum
mbak renbow

Area selanjutnya cocok untuk anak-anak, mereka bisa mewarnai gambar mobil dan ikan. Lalu, kertas nya di scan di mesin dan muncul di dinding, lucu banget!

Selanjutnya, area favoritku yaitu crystal universe. Niatnya ingin foto syantik, apadaya antrian masuk lumayan mengganggu dan akhirnya kita menghabiskan banyak waktu disini untuk sekedar foto.

artscience museum singapore
perlu 123647589 kali snap untuk dapet foto kece disini :p

Saat kita selesai menikmati museum, diluar ternyata hujan besar. Sedih juga sih, karena beberapa destinasi harus dicoret dari itinerary. Kita bertiga menunggu hujan reda, dan mengubah plan A. Akhirnya kita lanjutkan ke Bugis Street karena kak Ismi harus membeli barang jastip disana. Mengingat jam 5 sore kita harus sudah ada di terminal, jadi waktu kita sangat sedikit. Saat di Bugis Street, oma ingat ada bangunan yang iconic disana. Buru-buru kita jalan untuk foto-foto, sambil hujan-hujanan dan diliatin kakek-kakek yang lagi mojok. Bangunan iconic ini terletak di belakang bugis street, harus jeli untuk menemukannya, karena letaknya tersembunyi.

belanja di bugis street
tangga pastel di bugis street singapore
....dan diliatin kakek-kakek :p
demi ke-eksisan yang haqiqi, rela kehujanan :p

Selesai belanja jastip, kita kembali ke kantor pemilik apartment untuk mengambil koper dan kembali ke area Bugis untuk melaksanakan sholat di Sultan Mosque. Sekedar informasi, waktu sholat di Singapore satu jam lebih lama dari Indonesia. Jadi, jika disini ashar jam 3, disana jam 4. Selesai melaksanakan solat, kita buru-buru pergi ke terminal karena takut ketinggalan bis. Alhamdulilah, ternyata letak masjid dan terminal sangat dekat.

Sambil melongo menunggu bis, kita duduk di pinggir jalan mana perut keroncongan. Niatnya mau makan bekal mie di dalam bis, ternyata dilarang. Kita bertiga bingung mau makan bekal dimana. Tiba-tiba ada salah satu sopir bis yang kasian liat kita ngegembel, lalu meminjamkan kita kursi dan menyuruh kita makan bekal dulu, alhamdulilah. Kalo diceritain mah sedih ini teh tapi kocak, dan selalu menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

pengalaman naik bus dari singapore ke melaka
bis-nya nyaman. ingat, tidak boleh makan dan minum ya...
Selesai makan, bis pun datang. Kita lanjutkan perjalan ke Melaka yang menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO. Ini menjadi pengalaman pertama kita naik bis ke Malaysia. Sepanjang jalan pun kita terkesima melihat pemandangan kota Singapore dari jauh. Good bye Singapore, welcome Melacca…